Tabligh Akbar Tahun Baru Islam 1446 H di Istiqlal, Nusantara Bertamaddun Menuju Indonesia Emas

Dengan tahun baru hijriah ini, KH Husni Ismail, M.Ag mewakili Kemenag RI juga berdoa, semoga semangat tahun baru ini akan menyebabkan kita lebih mantap dalam keimanan, lebih meningkat dalam keshalihan dan semoga kehidupan kita lebih baik dan berkah.

Share :
Tabligh Akbar Tahun Baru Islam 1446 H di Istiqlal, Nusantara Bertamaddun Menuju Indonesia Emas
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Masjid Istiqlal menyelenggarakan Tabligh Akbar Puncak Peringatan Gebyar Hijriah Tahun Baru Islam 1446 H, di Lantai Utama Masjid Istiqlal, Jakarta, Ahad (7/7/2024).

Mengusung tema "Nusantara Bertamaddun Menuju Indonesia Emas", Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P., menjabarkan bahwasannya bertamaddun adalah kembali ke nilai-nilai Madinah. "Piagam Madinah, piagam peradaban yang sama kedudukannya dengan proklamasi kemerdeaan suatu negara...cocok dengan Indonesia," ujarnya di hadapan para jamaah.

Menurut Mahfud, Tamaddun dan Madinah memiliki kaitan. "Selamat memperingati 1 Muharram 1446 Hijriah...karena ini 1 Muharram, menggunakan kata Tamaddun itu kaitannya dengan kata Madinah. Tamaddun itu peradaban, Madinah adalah kota yang dibentuk berdasarkan Tamaddun. Sehingga kota Madinah menjadi titik munculnya peradaban Islam."

Bertamaddun menuju Indonesia emas, menurut Mahfud ialah membangun peradaban menuju Indonesia yang rahmatan lil 'alamin. Karena di Indonesia, dasar tamaddun sudah ada. Di antaranya syariat dibangun suatu negara ialah untuk melindungi kehidupan agama, jiwa, keselamatan harta, kemurnian keturunan, dan keselamatan akal. Seluruhnya sudah ada hukumnya.

"Dari sudut-sudut tersebut, maka bertamaddun untuk Indonesia emas artinya membangun sebuah negara yang memuat nilai-nilai Islam yang rahmatan lil 'alamin," paparnya.

Mengusung tema "Nusantara Bertamaddun Menuju Indonesia Emas", Imam Besar Masjid Istiqlal juga menyampaikan bahwasanya hijrah ada dua macam, secara horizontal dan vertikal.

Dengan tahun baru hijriah ini, KH Husni Ismail, M.Ag mewakili Kemenag RI juga berdoa, semoga semangat tahun baru ini akan menyebabkan kita lebih mantap dalam keimanan, lebih meningkat dalam keshalihan dan semoga kehidupan kita lebih baik dan berkah berlimpah ramhat Allah SWT, dan kedepan lebih dekat dengan Allah SWT. (FAJR/Humas dan Media Masjid Istiqlal)

Tags :

Related Posts: