Peran Imam dan Masjid dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia Bagian Timur

Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (Diklat BPMI), menyelenggarakan bedah buku Mosques and Imams Everyday Islam in Eastern Indonesia karya Prof. Khatryn M. Robinson.

Share :
Peran Imam dan Masjid dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia Bagian Timur
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id - Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (Diklat BPMI), menyelenggarakan bedah buku Mosques and Imams Everyday Islam in Eastern Indonesia karya Prof. Khatryn M. Robinson. Bedah buku kali ini membahas tentang gambaran pentingnya peran masjid dan imam di Indonesia bagian timur.

"Buku ini sangat menarik karena dibahas secara antropologis. Ternyata, peran imam dan masjid sangat penting bagi masyarakat Indonesia, khususnya Indonesia bagian timur (sebagai tempat sumber penelitian buku Mosques and Imams)," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA, dalam sambutannya pada bedah buku Mosques and Imams: Everyday Islam in Eastern Indonesia, di Masjid Istiqlal, Rabu (8/9/2021).

Selain itu, Imam Besar Masjid Istiqlal juga dalam sambutannya juga banyak bercerita tentang peran imam dan masjid yang sangat erat dan menyatu dengan budaya, adat istiadat, masyarakat, terutama di Indonesia bagian timur. (Video lengkapnya silakan tonton di sini 

Dijelaskan pula oleh Professor Emeritus Antropologi. Australian National University (ANU) yang juga merupakan pengarang buku ini, Prof. Khatryn M. Robinson, bahwasanya buku Mosques and Imams juga menyoroti tentang hal-hal kekuasaan dalam Islam di tingkat desa. "Yaitu peran masjid dan kyai-kyai yang ikut di pesantren. (Kemudian juga) mengenai masjid sebagai satu lembaga (yang perannya) sangat penting di desa yang menjadi topik buku ini."