Masjid Istiqlal Luncurkan Program Halal Centre

Dengan adanya pelatihan bagi pengelola masjid daerah, Ir. Retno Sumekar menyampaikan nantinya para UKM di daerah tidak perlu datang ke Istiqlal untuk menjalani pelatihan. Melainkan akan dilatih oleh pengelola masjid-masjid di daerah.

Share :
Masjid Istiqlal Luncurkan Program Halal Centre
Berita
Dalam rangka menyambut New Istiqlal pada 2021, Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bersama BIG Indonesia mengadakan Webinar Nasional sekaligus peluncuran program Istiqlal Indonesia Halal Center (IIHC) dengan tema Membangun Startup Halal Indonesia Berdaya Saing Global, pada Rabu, (23/12/2020).

Dalam mengawali kegiatan webinar nasional tersebut,? Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar MA menyampaikan sambutannya bahwa sesuai dengan visi misi New Istiqlal sebagai pusat pemberdayaan umat dan warga bangsa, Istiqal melalui program IIHC harus tampil sebagai inkubator yang melahirkan potensi-potensi luar biasa.?

"(Dalam membangun program IIHC), (pihak) Istiqal sudah mengetahui sistem dan regulasinya, serta undang-undang tentang produk halal, perbankan syariah dan keuangan syariahnya. Semua fasilitas pendukungnya sudah ada. sekarang ini tinggal mengelolanya secara profesional," ujar KH. Nasaruddin Umar dalam sesi Konferensi Pers, di Istiqlal, Rabu (23/12/2020).

Selain menjadi pusat ekonomi bagi umat, KH. Nasaruddin Umar juga menyampaikan bahwa Masjid Istiqlal dalam bidang Pendidikan dan Pelatihan, akan berkolaborasi dengan BIG Indonesia Foundation untuk memberi pelatihan dan sosialisasi kepada pelaku UKM/IKM tentang proses dan kegunaan jaminan produk halal agar bisa menjadi sesuatu hal yang menjanjikan di masa depan.

Selain itu, KH. Nasaruddin Umar menjelaskan bahwa dalam waktu dekat Istiqal akan membangun jaringan dengan banyak masjid di Indonesia, untuk memberikan penguatan terhadap masjid-masjid lainnya di tanah air.

"Insyaa Allah dalam waktu dekat ini, kita akan membangun jaringan dengan seluruh masjid-masjid di tanah air. (Dengan) demikian apa yang ada di Istiqlal bisa dinikmati juga oleh teman-teman kita yang ada di masjid lain," ujar KH. Nasaruddin Umar.

Dengan beragamnya kegiatan bermanfaat dan fasilitas yang ada di Masjid Istiqlal, KH. Nasaruddin Umar berharap nantinya? Istiqlal akan hadir sebagai tren masjid modern di masa depan.

Kemudian terkait dengan program IIHC, Pembina BIG Indonesia, Ir. Retno Sumekar, M.Sc, menjelaskan awal mula diselenggarakan IIHC ialah dari pesan Wakil Presiden Indonesia, K.H Ma?ruf Amin, bahwa kita ingin menjadi salah satu eksportir produk-produk halal dunia.?

"Karena kita juga menyadari hampir 80 persen penduduk Indonesia adalah muslim, dan mayoritas pangan kita dikerjakan oleh industri IKm/UKM, dan saat ini saatnya masjid memberdayakan umat," ujar Ir. Retno Sumekar.

Kemudian Ir. Retno Sumekar mengatakan bahwa dalam meningkatkan ekonomi yang ada di daerah, Istiqal akan memberi pelatihan bagi pengelola masjid daerah, untuk membangun sebuah lembaga inkubator dan akselerator, agar memiliki tenaga profesional, sehingga bisa mengelola dan mengkurasi suatu produk UKM halal yang layak memasuki pasar ritel.

"Nantinya masjid Istiqlal sebagai pilot project (proyek percontohan), dan kami akan memberi pelatihan untuk pengelola masjid-masjid darerah untuk membangun sebuah lembaga inkubator, akselerasi, sehingga mereka juga mampu untuk meningkatkan ekonomi yang ada di sekitarnya," ungkap Ir. Retno Sumekar.

Dengan adanya pelatihan bagi pengelola masjid daerah, Ir. Retno Sumekar menyampaikan nantinya para UKM di daerah tidak perlu datang ke Istiqlal untuk menjalani pelatihan. Melainkan akan dilatih oleh pengelola masjid-masjid di daerah.

Selain itu, Ir. Retno Sumekar juga menyampaikan, nantinya aktivitas di masjid-masjid bisa lebih terbuka dengan kegiatan yang mendatangkan banyak manfaat. "Nantinya, masjid bisa menjadi tempat wisata, bukan saja hanya setelah (melaksanakan) salat, trus (masjidnya) dikunci, tapi bisa terbuka, ada aktifitas, (seperti) transaksi jual beli sehingga orang-orang bisa berbelanja sambil beramal."

Di sisi lain, Kepala Diklat BPMI, H.M Faried Saenong, MA, M.Sc, Ph.D menambahkan, selain menjadi pusat pelatihan inkubator dan akselerator dari produk halal basis UKM, Istiqlal juga akan bergerak di bidang sertifikasi halal.

"Mengenai instrumen baru tentang sertifikasi produk halal di Indonesia, saat ini ada badan (yang bernama) Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH). Kedepannya kita akan menjadi mitra dari BPJPH, dan mengambil bagian khusus yang berkaitan dengan kemasjidan," ujar H.M Faried Saenong.

Berkolaborasi denga BPJPH dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat dan daerah, H.M Faried Saenong mengatakan, Istiqlal bisa menjadi penyambung antara UKM yang berintegrasi dengan masjid dan sekitarnya, khususnya untuk sertifikasinya. "Kita (pihak Istiqlal) akan menjadi perpanjangan tangan dari BPJPH dan MUI pusat dan daerah."

Kemudian H.M Faried Saenong menambahkan, untuk mengeluarkan sertifikasi halal, Istiqlal juga akan berkolaborasi dengan pihak kampus besar di Indonesia, diantaranya Universitas Indonesia yang sudah memiliki halal center.

Sementara itu, terdapat lima peluncuran program Isiqlal Indonesia Halal Center (IIHC), diantaranya sebagai berikut.?

1. Inkubator & Akselerator Produk Halal Indonesia (Training Center & Lembaga Penjamin Halal (LPH)

Program ini merupakan program pendampingan, pelatihan dan akselerator para pengusaha UMKM/IKM agar produk yang dihasilkan sesuai standar halal, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), retail dan ekspor, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan produk agar berdaya saing global.

2. Platform Aplikasi E-Istiqlal 2021 (MARKETPLACE/Istiqlal Halal Hub)

E-Istiqlal merupakan platform marketplace yang menyajikan produk halal Indonesia, yang sebelumnya sudah dikurasi dan memiliki sertifikasi halal serta izin edar BPOM.?

Aplikasi ini diperuntukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap produk halal di Indonesia. Didalamnya berisi fitur yang membantu masyarakat muslim memperoleh produk halal, layanan dakwah dan informasi terbaru seputar dunia Islam.?

3. Galeri Produk Halal

Area galeri produk halal Indonesia ini nantinya akan di pajang di area khusus yang sebelumnya sudah dikurasi dan memiliki sertifikasi halal serta izin edar BPOM

4. Kawasan Jual Beli Produk Halal

Area jual beli produk-produk halal terdiri dari bidang kuliner, kriya, industri kreatif, dan lainnya, yang sebelumnya juga sudah dikurasi dan memiliki sertifikasi halal serta izin edar BPOM.

5. Co-Working Space Bersama Pelaku IKM & UMKM Indonesia

Area perkantoran bersama ini nantinya akan dilengkapi fasilitas-fasilitas yang mendukung Pelaku IKM & UMKM Indonesia,? sehingga bisa saling bersinergi dan membangun ekosistem halal bersama.

Sementara untuk klaster Produk Halal Istiqlal yang sudah direncanakan adalah kelompok makanan dan minuman halal, pariwisata halal, fesyen muslim, media dan rekreasi halal, farmasi dan kosmetik halal, dan energi terbarukan.

Tim Media dan Humas Istiqlal?
Tags :

Related Posts: