Masjid Istiqlal Gagas Perpustakaan Islam Modern Berbasis Digital

Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bersama Kementerian Agama (Kemenag), menggagas perpustakaan Islam modern berbasis digital di Masjid Istiqlal.

Share :
Masjid Istiqlal Gagas Perpustakaan Islam Modern Berbasis Digital
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id - Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bersama Kementerian Agama (Kemenag), menggagas perpustakaan Islam modern berbasis digital di Masjid Istiqlal. Nantinya hal ini akan dijadikan salah satu pilot project perpustakaan masjid yang menyediakan banyak referensi buku-buku keagamaan dan perpustakaan berbasis digital.

Gagasan yang direncanakan ini sesuai dengan visi misi Perpustakaan Masjid Istiqlal, yaitu mewujudkan perpustakaan Islam modern dengan koleksi berkualitas, sistem pengelolaan yang mutakhir, dan SDM yang profesional.

"Misi perpustakaan masjid Istiqlal juga ingin membangun dan mengembangkan perpustakaan Islam berbasis teknologi informasi yang meliputi perpustakaan dewasa dan anak-anak,” ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, MA, dalam rapat koordinasi dengan Subkoordinator Pengendalian Mutu Buku Agama Dan Keagamaan Islam, Jakarta, Kamis (19/8/2021)


Dikutip pada laman Okezone.com, KH Nasaruddin menjelaskan, per akhir Maret 2018 koleksi perpustakaan masjid Istiqlal berjumlah 15.802 judul atau 30.138 eksemplar, dengan rincian 60 persen bidang agama dan 40 persen bidang lainnya.

"Ada beberapa kendala yang dialami perpustakaan masjid Istiqlal, pertama soal SDM, pengelolaan dan pengembangannya, serta pengadaan. Selain itu kendala digitalisasi dan program-program kegiatan juga masih belum maksimal dilakukan," papar KH Nasaruddin.

Dalam rapat koordinasi dengan Subkoordinator Pengendalian Mutu Buku Agama dan Keagamaan Islam Erlinda Adami mewakili Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Moh. Agus Salim, KH Nasaruddin mengatakan, bahwasannya kerja sama dan perhatian dari Kemenag ini diharapkan bisa memberikan kontribusi yang efektif untuk kemajuan perpustakaan masjid Istiqlal.


Seimbang dengan ungkapan KH Nasaruddin, Subkoordinator Pengendalian Mutu Buku Agama dan Keagamaan Islam Erlinda Adami menyampaikan, pihaknya mendorong agar perpustakaan Masjid Istiqlal menjadi salah satu model perpustakaan masjid yang modern yang bisa dijadikan contoh oleh masjid lainnya. (FAJR/muslim.okezone.com)

Related Posts: