Lima Tips Berkurban Selama Pandemi Covid-19

Dikutip dari akun media sosial Instagram dkijakarta, terdapat lima tips berkurban di masa Pandemi Covid-19, diantaranya sebagai berikut.

Share :
Lima Tips Berkurban Selama Pandemi Covid-19
Artikel

Jakarta, istiqlal.or.id - Jelang memperingati perayaan Idul Adha 1442 H, banyak umat muslim yang mulai menyisihkan hartanya untuk berkurban, guna menunaikan perintah Allah subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana yang tertera pada firman-Nya dalam QS. Al-Kautsar [108]: 2, artinya sebagai berikut.

"Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al-Kautsar [108]: 2).

Namun, dalam perayaan hari raya Idul Adha tahun ini, umat muslim masih harus bersabar karena ibadah kurban masih harus berlangsung di tengah Pandemi Covid-19.

Menghadapi hal tersebut, jamaah Masjid Istiqlal tidak perlu khawatir. Dikutip dari akun media sosial Instagram dkijakarta, terdapat lima tips berkurban di masa Pandemi Covid-19, diantaranya sebagai berikut.

1. Tetapkan Waktu Membeli Hewan Kurban

Tips pertama untuk berkurban di tengah Pandemi Covid-19 adalah dengan membeli hewan kurban jauh sebelum hari perayaan Idul Adha dilangsungkan, yaitu 10 Dzulhijjah.

Nah, bagi jamaah Masjid Istiqlal yang berencana berkurban di tahun ini, jamaah bisa rencanakan waktu yang tepat untuk membeli hewan kurban. Hal ini diperlukan agar jamaah tidak perlu berdesak-desakan di tempat pembelian hewan kurban.

2. Berkurban Melalui Lembaga Terpercaya

Pada poin kedua ini, pasti sangat membantu bagi kamu yang tetap ingin menebar kebaikan di masa pandemi Covid-19. 

Dengan berkurban melalui lembaga yang sudah terpercaya, seperti panitia masjid, yayasan, lembaga keagamaan, atau lembaga sosial, kamu bisa bahu-membahu dalam pengumpulan dana, dan kemudian bisa dikumpulkan untuk pembelian hewan kurban.

Insyaallah, pahala kebaikannya juga Allah subhanahu wata’ala terima. Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala pada QS. Al-Hajj [22]: 37, artinya sebagai berikut.

"Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al-Hajj [22]: 37).

3. Komunikasi dan Transaksi Melalui Daring

Pada tips ketiga ini, bisa kamu aplikasikan jika metode pembelian kurban kamu ialah menggunakan media daring. Atau jika kamu melangsungkan transaksi secara daring saat memutuskan untuk berkurban di lembaga yang sudah dipercaya.

Berkomunikasi dan bertransaksi melalui daring juga bisa menjadi solusi dalam menjaga kesehatan kamu di tengah melonjaknya kasus Covid-19.

Namun, sebelum melakukan transaksi pembelian hewan kurban melalui daring, pastikan bahwa penyedia hewan kurban atau penyelenggara lembaga kurbannya sudah terpercaya. Agar ibadah yang kamu niatkan, bisa tersalurkan dengan tepat.

4. Tetap di Rumah Saja

Selanjutnya, pada tips keempat yaitu tetap di rumah saja, saat ini merupakan kegiatan yang mulai perlu kita ramahkan. Hal ini perlu diterapkan guna mendukung tujuan bersama dalam menurunkan lonjakan kasus pandemi Covid-19 di Indonesia.

Meskipun pada tahun-tahun terakhir terdapat kebiasaan yang acapkali dilakukan masyarakat, seperti menyaksikan penyembelihan hewan kurban, namun pada tahun ini, menjaga kesehatan pribadi ataupun sekitar adalah hal yang utama. Maka di rumah saja, menjadi kesadaran yang bijaksana dan harus dilalui.

5. Tunggu di Rumah

Berlanjut pada tips kelima, hal ini berlaku bagi para mustahik ataupun panitia kurban di seluruh daerah, untuk menerapkan peraturan mengantar potongan hewan kurban ke masing-masing rumah di lingkungannya.

Mengantarkan hewan kurban ke masing-masing rumah, agar para mustahik menunggu hewan kurban sampai ke rumahnya, merupakan kebijakan yang ditujukan untuk menjaga masyarakat dari kerumunan yang acapkali masih terjadi di lingkungan pasca penyembelihan hewan kurban.

Dengan menjalankan kegiatan ibadah kurban yang sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, diharapkan ibadah yang ditunaikan bisa semakin optimal dan menuai limpahan keberkahan dari Allah subhanahu wata'ala.

Jadi, selamat menunaikan ibadah Idul Adha 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, agar keberkahan dari-Nya melimpah, dan kamu juga senantiasa dalam kesehatan yang paripurna. (FAJR)

Sumber: Infografis IG DKI Jakarta


Humas dan Media Masjid Istiqlal

Tags :

Related Posts: