Kunjungan Sekretaris Dubes Vatikan di Masjid Istiqlal

Sekretaris Kedutaan Besar Vatikan Mgr. Arnaud bersama Sekjen Keuskupan Agung Jakarta Rm. V. Adi Prasojo, Pr, dan pengurus Gereja Katedral Jakarta mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta.

Share :
Kunjungan Sekretaris Dubes Vatikan di Masjid Istiqlal
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id -  Sekretaris Kedutaan Besar Vatikan Mgr. Arnaud bersama Sekjen Keuskupan Agung Jakarta Rm. V. Adi Prasojo, Pr, dan pengurus Gereja Katedral Jakarta mengunjungi Masjid Istiqlal, Selasa (23/11/2021).

Kunjungan tersebut dilangsungkan dalam rangka bersilaturahmi, melihat keindahan Masjid Istiqlal sehingga dapat memahami secara langsung makna toleransi antarumat beragama di Indonesia.

Dalam kunjungannya, Arnaud disambut hangat oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA, dan pimpinan BPMI lainnya di gerbang Al-Fattah. Mereka menunggu kedatangan Arnaud yang datang dari Gereja Katedral Jakarta.

Saat menyambut Arnaud, KH Nasaruddin menyampaikan rasa bahagianya. Di ruang VIP Masjid Istiqlal, dia memaparkan, bahwasanya Masjid Istiqlal merupakan 'rumah' bagi seluruh masyarakat Indonesia. "Istiqlal bukan hanya tempat bagi umat muslim di Indonesia, melainkan ini adalah 'rumah besar' bagi seluruh masyarakat Indonesia," paparnya.

KH Nasaruddin juga menerangkan bahwasanya setiap bangunan Masjid Istiqlal memiliki filosofi. Misalnya saja menara Masjid Istiqlal. "Kalau Anda ingin melihat kota Jakarta, di Istiqlal bisa dilihat dari menara."

Di samping itu, Kasubag Hukum, Kerjasama dan Humas Saparwadi, juga mengungkapkan bahwasanya Arnaud menyampaikan terima kasih atas sambutan yang baik dari BPMI.

"Arnaud juga mengucapkan terima kasih atas adanya fasilitas yang diberikan oleh Masjid Istiqlal selama diselenggarakannya pelaksanaan ibadah di Gereja Katedral Jakarta, terutama natal, dan sebagainya," ungkap Saparwadi.

Selain itu, Kepala Biro Humas Katedral Jakarta Susyana juga mengatakan, bahwasanya kunjungannya saat ini adalah kunjungan pertama selama bertugas di Jakarta sebagai Sekretaris Dubes Vatikan.

"Dalam rangka menjalankan tugas di Jakarta, Sekjen Dubes Vatikan belum pernah ke Istiqlal, sehingga beliau ingin melihat kemegahan Masjid Istiqlal," ujar Susyana.

Melengkapi kunjungannya, Arnaud dipandu oleh Humas dan Protokol BPMI untuk berkeliling dan melihat secara langsung kemegahan Masjid Istiqlal.

Turut hadir pimpinan BPMI, di antaranya Kabid Sosial dan Pemberdayaan Umat (Bidsosdaum) Laksamana Pertama TNI (Pur) Asep Saepudin, Kabid Riayah Irjen Pol (P) Dr. H. M. Said Saile, M.Si, dan Kabag Kerjasama, Keuangan, Humas serta Protokol Dr. N. E. Fatimah Azzahra, M.Si. (FAJR/Humas dan Media Masjid Istiqlal)

Tags :

Related Posts: