KH Nasaruddin Hadiri Seminar Nasional Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Muhammad Kholil

"Hargailah gurunya para pahlawan, karena pahlawannya dihargai, (sehingga sudah sepantasnya jika gurunya juga dihargai)," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA

Share :
KH Nasaruddin Hadiri Seminar Nasional Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Muhammad Kholil
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id - Partai NasDem MPR RI menggelar Seminar Nasional Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional untuk tokoh ulama asal Bangkalan, Madura, Syaikhona Muhammad Kholil, di Gedung Nusantara V DPR-MPR RI, Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Seminar ini merupakan bagian dari upaya dalam menajamkan tujuan penyematan gelar pahlawan nasional pada Syaikhona Kholil, serta menjadi sarana sosialisasi dan penyampaian informasi kepada publik guna menambah khazanah keilmuan bagi warga bangsa Indonesia. 

Syaikhona Muhammad Kholil merupakan salah satu sosok yang berpengaruh dalam mencetak tokoh agama, khususnya pengkaderan ulama di Indonesia. Beliau dikenal sebagai pejuang kultural, serta mahaguru bagi para santri yang kemudian menjadi pahlawan nasional, seperti beberapa di antaranya, KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Hasbullah dan KH Bisri Syamsuri.

Menjelang peringatan Hari Santri yang diselenggarakan 22 Oktober, diharapkan penyematan secara resmi gelar pahlawan bisa diberikan kepada Syaikhona Kholil yang juga dikenal sebagai bapak para santri.