Istiqlal Akan Selenggarakan Milad ke-43

Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) akan menyelenggarakan perayaan milad Istiqlal ke-43 pada Senin, 22 Februari 2021, dengan mengusung tema "New Istiqlal, Memberdayakan Umat untuk Kemajuan Bangsa".

Share :
Istiqlal Akan Selenggarakan Milad ke-43
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id. Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) akan menyelenggarakan perayaan milad Istiqlal ke-43 pada Senin, 22 Februari 2021, dengan mengusung tema "New Istiqlal, Memberdayakan Umat untuk Kemajuan Bangsa".

Ketua Panitia Milad Istiqlal ke-43, yang juga Kabid Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), H. M. Faried Saenong, MA, M.Sc, Ph.D, mengatakan bahwa dengan tema tersebut, diharapkan masjid Istiqlal dapat menjadi pusat untuk memberdayakan umat. "Tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi diharapkan Istiqlal juga bisa menjadi pusat pemberdayaan umat untuk kemajuan bangsa," ujar beliau, dalam rapat persiapan milad Istiqlal, Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Milad Istiqlal ke-43 rencananya akan mengundang Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, Wakil presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin, pejabat menteri, tokoh masyarakat, dan mitra strategis masjid Istiqlal.

Selanjutnya, meski masjid Istiqlal melangsungkan milad di tengah pandemi Covid-19, BPMI optimis bahwa perayaannya akan tetap istimewa, karena memperkenalkan wajah baru masjid Istiqlal, 'New Istiqlal', baik dari aspek fisik bangunan maupun dari aspek inovasi pengembangan program. 

Diantara pengembangan program yang akan diluncurkan pada acara milad, antara lain Istiqlal Rabithah A?immatil Masajid al-?Alami, Istiqlal Mosque Youth Association (ARMI), Istiqlal Martial Art (IMA), Istiqlal Muallaf Global Network (IMGN), Buku Tahunan Khutbah Jum?at Istiqlal, Istiqlal Marching Band (IMB), Istiqlal Islamic Group Band (IIGB), Majelis Taklim Remaja Istiqlal (MTRI), Istiqlal Islamic Studies (ISS), Istiqlal ?World Faith Day?, Istiqlal Indonesia Halal Center (IIHC), Istiqlal Religious Leaders Summit (IRLS), Istiqlal Sport /Gym Center (ISC), Istiqlal e-Library, Majelis Mudzakarah Istiqlal, International Istiqlal Academy for Fuqaha (IIAF) (Pendidikan Kader Ulama/Pendidikan Kader Ulama Perempuan), Majelis Taklim Istiqlal (MTI), Istiqlal Research Center (IRC), Istiqlal Green Building (IGB), Wakaf Energi Istiqlal (WEI), Istiqlal Business Center (IBC), E-Istqlal, Istiqlal Medical center (IMC), Istiqlal Religiuos Tourism (IRT), Istiqlal Global Philantrophy (IGP), Istiqlal Family Resilience (IFR), Istiqlal Endowment Day (IED), Istiqlal Preneurship & Economic Empowerment (IPEW), Istiqlal Disater Management Center (IDCM), Istiqlal Women Empowermrnt (IWE), dan Istiqlal Interfaith Dialogue (IID).

"Secara fisik, Masjid Istiqlal baru saja diresmikan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo, setelah renovasi besar sejak didirikan tahun 1978. Sedangkan 'New Istiqlal' dari aspek inovasi pengembangan program, terlampir pada Peraturan Presiden Nomor 64 tahun 2019, diperkuat dengan menginisiasi dan mengembangkan beragam kegiatan strategis dalam bidang penyelenggaraan peribadatan dan dakwah, bidang pendidikan dan pelatihan, bidang sosial dan pemberdayaan ekonomi umat serta bidang riayah, keamanan dan pemeliharaan bangunan," jelas Faried.

Disamping merayakan puncak acara harlah, BPMI juga mengadakan serangkaian kegiatan, seperti berbagai perlombaan yang diselenggarakan pada 16 sampai 19 Februari 2021, senam dan olahraga bersama pada 19 Februari 2021, apresiasi Pegawai Teladan BPMI 2021, tasyakkuran, ramah tamah dan doa Bersama di lingkungan masjid Istiqlal pada 22 Februari 2021.

Disisi lain, Faried menyampaikan, bahwa jamaah juga dapat ikut serta meramaikan perayaan milad Istiqlal ke-43 secara virtual. "Nantinya, jamaah juga bisa ikut serta merayakan milad Istiqlal ke-43, dengan menyaksikan peluncuran dan promosi kegiatan New Istiqlal melalui live streaming youtube Masjid Istiqlal TV," papar Faried.

"Selanjutnya, para jamaah juga bisa menghadiri kegiatan puncak harlah milad Istiqlal ke-43 dan muhasabah serta doa bersama milad Istiqlal ke-43 secara virtual melalui live streaming youtube Masjid Istiqlal TV," ungkap Faried.


Pewarta: Nurul Fajriyah

Editor: Nur Khayin Muhdlor, Andi Dewi Mahardika

Tags :

Related Posts: