Diklat BPMI Resmi Memulai Pembelajaran Bahasa Persia di Masjid Istiqlal

Informasi selengkapnya terkait kursus bahasa di Istiqlal, silakan akses informasinya di laman Instagram @diklatbpmi.

Share :
Diklat BPMI Resmi Memulai Pembelajaran Bahasa Persia di Masjid Istiqlal
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id - Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (Diklat BPMI) membuka kelas Bahasa Persia secara perdana, di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Rabu (12/6/2024).

Kursus bahasa Persia saat ini diikuti oleh 50 peserta dibagi ke dalam dua kelas yang sebelumnya sudah melalui proses pendaftaran. Nantinya secara rutin setiap Rabu pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB, para peserta akan mengikuti pembelajaran secara luring di ruang kelas Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKU-MI).

Kursus bahasa Persia ini merupakan bentuk kerjasama antara BPMI dengan Deputi Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta.

"Kursus bahasa Persia diselenggarakan karena peminat bahasa Persia di Indonesia sangat banyak dan kami berterima kasih kepada Duta Besar Iran atas fasilitasnya," ujar Wakil Kepala Bidang Diklat BPMI Dr. Mulawarman Hannase, Lc, M.Hum, dalam sambutannya di acara Pembukaan Kelas Bahasa Persia, Masjid Istiqlal, Jakarta.

Ragam kursus bahasa di Istiqlal, dijelaskan Mulawarman, merupakan bagian dari konsentrasi Istiqlal dalam membangun wawasan dan budaya internasional, salah satunya ialah bahasa.

"Selain menjadi simbol kebanggaan umat Islam di Indonesia, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA memiliki visi internasional menjadikan Istiqlal sebagai pusat pemberdayaan kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan selain menjadi rumah ibadah," terang Mulawarman.

Setelah sebelumnya membuka kelas Bahasa Arab, Mandarin, Inggris, Armaik dan Hebrew, Mulawarman juga berharap bahwasanya kursus bahasa Persia dapat terus dibuka  untuk tahun-tahun yang akan datang.

Konselor Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta Dr. Mohammad Reza Ebrahimi, juga menyebutkan keunggulan mengikuti kursus bahasa Persia di Istiqlal ialah sebagai berikut:

"Para peserta yang mendaf kelas ini ternyata juga menempuh pendidikan tinggi, mulai dari SMA hingga S3, kemudian kelas ini juga akan diampu oleh Pengajar/Dosen yaitu Kifliah Batul, MA dan Nafisah Alaydrus," papar Reza.

Kabar gembira yang disampaikan pada pembukaan kurus bahasa Persia selain beasiswa, Reza juga menyebutkan bahwasanya sepuluh orang yang berprestasi dalam kegiatan kelas akan diusahakan untuk dikirim berkunjung ke Iran, untuk mengunjungi Pusat Bahasa di sana atau Universitas atau tempat lain yang layak dikunjungi," terang Reza.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan bahasa Persia di antaranya Kabid Riayah Dr. Ismail Cawidu, M.Si, Kasubbid Pendidikan dan Pelatihan BPMI Muh. Asdar dan Kasubbid Pembinaan Keluarga Sakinah BPMI Dr. Budi Utomo, M.Pd.I. 

Informasi selengkapnya terkait kursus bahasa di Istiqlal, silakan akses informasinya di laman Instagram @diklatbpmi. (FAJR/Humas dan Media Masjid Istiqlal)

Tags :

Related Posts: