BPMI Bersama Lions Club Distrik 307 B1 Gelar Donor Darah di Masjid Istiqlal

Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bersama Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307 B1, menyelenggarakan bakti sosial donor darah dan gula darah, di Masjid Istiqlal, Jumat (12/11/2021).

Share :
BPMI Bersama Lions Club Distrik 307 B1 Gelar Donor Darah di Masjid Istiqlal
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id - Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bersama Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307 B1,  menyelenggarakan bakti sosial donor darah dan gula darah, di Masjid Istiqlal, Jumat (12/11/2021).

Kegiatan donor darah ini diselenggarakan dalam rangka membantu Palang Merah Indonesia (PMI) memenuhi stok bank darah yang setiap harinya memerlukan 1000 sampai 1200 kantong darah.

"Kolaborasi seperti ini dibutuhkan untuk menyiapkan stok darah di Jakarta," ujar Ketua PMI DKI Jakarta Drs. H. Rustam Effendi, di Loby Al-Fattah, Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (12/11/2021).

"Ini merupakan sumbangsih yang luar biasa untuk stok darah yang diperlukan per harinya sampai 1000 sampai 1200 kantong darah," lanjut Rustam.

Selain itu, Rustam juga menilai bahwasanya kolaborasi antarpihak dinilai efektif dalam hal mengumpulkan pendonor darah. "Kalau hanya mengandalkan inisiatif perorangan akan lebih sulit mencapai angka itu (1000 sampai 1200 kantong darah per hari)."

"Oleh karena itu melalui koordinasi donor darah dari ragam perhimpunan, pengurus organisasi, maka insyaallah Jakarta akan aman untuk stok darah," lanjut Rustam.

Melihat pentingnya donor darah bagi pendonor dan penerima, Kabid Sosial dan Pemberdayaan Umat (Bidsosdaum BPMI) Laksamana Pertama TNI (Pur) Asep Saepudin mengatakan bahwasanya hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, artinya sebagai berikut.

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia." (HR. Ahmad).

Asep mewakili Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA menyampaikan rasa syukurnya atas kerja sama yang dijalani. "Kami menyambut baik kerjasama ini," ungkapnya.

Asep juga mengungkapkan bahwasanya kerjasama yang baik tersebut dapat dilihat pada antusias karyawan BPMI untuk mendonorkan darahnya. "Dengan kerjasama yang baik kita mengerahkan teman-teman (karyawan BPMI) untuk donor darah, karena setetes darah itu bermanfaat bagi orang lain."

Kedepannya, diharapkan Masjid Istiqlal juga bisa menjadi tempat masyarakat untuk mendonorkan darahnya secara rutin untuk kemanusiaan. "Kedepan selepas PPKM dan apabila  memungkinkan, kami (BPMI) bisa mengajak jamaah turut serta, karena pasti jamaah akan antusias ikutserta mendonorkan darahnya," jelas Asep.

Disamping membantu PMI dalam memenuhi stok darah, kegiatan donor darah ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-52 Lions Cub di Indonesia. "Ulang tahun Lions Club yang ke-52 di Indonesia, targetnya hari ini dan besok kami dari distrik 307 B1 kurang lebih dapat menyumbangkan 3000 kantong darah," ujar Gubernur Distrik 307 B1 Rup Naraindas Gurbani.

Melihat adanya kerja sama yang baik antara BPMI dan Lions Club dalam hal kegiatan donor darah, Rup juga berharap pihaknya bisa kembali bekerjasama dalam hal bakti sosial guna menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi.

"Semoga bisa bersinambung (antara BPMI dan Lions Club Indonesia) kerjasama di Masjid istiqlal, supaya bisa menjangkau lebih luas lagi kepada masyarakat," tutur Rup.

Acara ini dilangsungkan secara tertib, dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Karyawan BPMI juga terlebih dahulu diperiksa kesehatannya sebelum mendonor. (FAJR/Humas dan Media Masjid Istiqlal)

Tags :

Related Posts: