BPMI Selenggarakan Bedah Buku Generasi Terakhir

"Saat masa SMA, saya diperkenalkan oleh orangtua tentang ayat dari Al-Qur'an yang terkait dengan cara melindungi makhluk hidup, bahwa agama tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari," jelas Fachruddin.

Share :
 BPMI Selenggarakan Bedah Buku Generasi Terakhir
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id - Perubahan iklim seperti meningkatnya suhu permukaan bumi, kenaikan permukaan air laut, serta cuaca yang semakin sulit diprediksi, telah menjadi ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup dan peradaban umat manusia di seluruh dunia.

Gangguan yang terjadi akibat perubahan iklim tidak hanya terlihat pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, namun juga terhadap kehidupan spiritual manusia dalam melaksanakan ibadah. 

Melihat gentingnya dampak yang ditimbulkan, Penulis Buku Generasi Terakhir Dr. Fachruddin Mangunjaya, M.Si., menumpahkan kegelisahan dan gagasannya dalam buku Gagasan Terakhir, yang didalamnya membahas akulturasi ajaran Islam dan peranan umat Islam dalam memberikan solusi terhadap dampak perubahan iklim global.

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala firmankan dalam QS. Ar-Rum [30]: 41, artinya sebagai berikut.

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." (QS. Ar-Rum [30]: 41).